Sunday, April 19, 2009

ILMU PENGETAHUAN MASA KINI

Pra Kata

BISMILLAAHIRRAHMAANNIRRAHIEM


Puji dan syukur hanya bagi Allah, Pencipta dan Pengatur alam yang indah dan Sempurna, Maha tuhan segala gerak gerik hati dan bisikan-bisikan jiwa serta tingkah laku lahiriyah, dan Yang akan membalas manusia sesuai dengan perbuatannya secara adil dan sempurna. Semoga Rahmat Ta'zhim dan salam sejatera di limpahkan kepada junjungan kita; Nabi Muhammad bin Abdillah. Nabi pilihan dan akhir zaman, dan semoga pula dilimpahkan kepada semua keluarga, dan para Sahabatnya dan setiap yang mengikuti jejaknya.

Setiap sesuatu ada jalan, dan yang menuju ke Surga adalah Ilmu. (al-Hadits : Siapa yang ingin kehidupan dunia haruslah dengan ilmu, Siapa yang ingin kehidupan akhirat haruslah dengan ilmu, dan siapa yang ingin keduanya maka haruslah dengan ilmu pula.) (imam Syafi'i) Oleh karna itu, mencari ilmu adalah suatu keharusan bagi setiap orang, muslim dan muslimat, yang ingin selamat dalam perjalanan hidupnya.

Memang ilmulah alat manusia mencari kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Tanpa ilmu, manusia akan buta dalam hidupnya, tidak tahu mana yang Haq dan mana yang Bathil, mana yang bermanfaat bagi dirinya dan mana yang membuat ia celaka, dan mana jalan yang harus ia tempuh dan yang harus ia tinggalkan.

Tetapi ilmu itu akan mendatangkan bencana pada pemiliknya, apabila slah cara mempergunakannya. Orng yang berilmu tetapi salah cara mempergunakannya itu di sebut Ulama dunia, sedangkan Orang yang berilmu mengamalkan ilmunya dan dapay mempergunakan ilmunya itu secara tepat sesuai yang di kehendaki Allah, di sebut Ulama Akhirat. Ulama semacam yang pertama akan celaka, dan Ulama semacam yang kedua akan bahagia.

Dalam buku terjemahan Kitab " Ihya Ulumiddin : Juz.I " ini , Imam Ghazzali (450-505 H./1058-1111 M) menerangkan bencana-bencana yang ditimbulkan oleh Ilmu Pengetahuan dan ciri-ciri Ulama dunia dan Ulama akhirat secara detail dan mendalam sekali.

Setelah membaca artikel ini, di harapkan agar kita Ummat Islam, Lebih-lebih para Ulama, dapat meresapkan di dalam hati, yang kemudian dapat merubah sikap dan memperbaiki diri sesuai dengan apa yang di kehendaki oleh Allah SWT. Ammin...

"Tak ada manusia biasa yang sempurna, dan tak ada pula manusia yang lepas dari salah dan khilaf"

Hanya kepada Allah-lah, kita berharap pertolongan Nya dan kepada-Nya pula kita bermohon keselamatan dunia dan akhirat.


penulis

M. ABDUL MUJIEB AS





1 comment: